0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Program Roots Indonesia 2022 di Terapkan di SMAN 01 Mesuji Timur, Bersama Atasi Perundungan!

sman1mesujitimur.sch.id - Banyaknya kasus perundungan dilingkungan anak Indonesia yang semakin meningkat.

Apa sih perundungan itu? Perundungan atau Bullying ialah perilaku agresif seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang yang menjadi korban dan itu dilakukan secara terus menerus. 

Sadarkah teman-teman bahwa sebenarnya tanpa kita sadari kita pernah melakukan bullying? Karena sebenarnya bullying atau perundungan terbagi menjadi beberapa bagian. Dimulai dari perundungan verbal yang sifatnya merendahkan, perundungan sosial atau relasional yang berasal dari teman sendiri, perundungan fisik yang bersifat melukai dan menyakiti fisik dan perundungan daring (cyber bullying) yang bersifat daring atau lewat media sosial.  

Nah teman-teman, dengan banyaknya kasus dan jenis perundungan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan sebuah program yang bernama “Roots Indonesia 2022”. 

Hari Rabu, 14 September 2022, di SMAN 01 Mesuji Timur sedang mengadakan sosialisasi, Sosialisasi Program Roots Indonesia 2022. Dengan dua fasilitator guru atau pemateri kita yaitu Ibu Arika Pratita, S.pd dan Ibu Desti Ariyanti, S.pd. Mereka lah dua guru terpilih sebagai fasilitator guru yang berperan menyampaikan materi pembelajaran Roots. 

Bertempatan di SMAN 01 Mesuji Timur lebih tepatnya di koridor kelas X (sepuluh). Dengan suasana yang tenang dan asri karena banyak pohon-pohon yang menyejukkan. Ditemani dengan rintikkan air hujan yang memuat harapan bahwa hujan membawa keberkahan. Pemaparan materi pertama dimulai dari kelas XII (dua belas) sebagai kakak tingkat tertinggi di jenjang SMA dan dilanjutkan dengan kelas X (sepuluh) sebagai adik tingkat termuda, terakhir kelas XI (sebelas) sebagai kakak dan juga adik atau bisa disebut pertengahan.
Materi yang disampaikan sangat mudah dipahami dan dimengerti. Membuat penndengar pun seakan terbawa dalam alur materinya. Disampaikan dengan tutur kata yang sangat lembut. 

Tapi sebelumnya, tahukah teman-teman apa itu Roots? Program pencegahan perundungan yang dikembangkan oleh UNICEF Indonesia di tahun 2017-2020 bersama Pemerintah Indonesia, Universitas, serta berbagai praktisi. Program Roots dijadikan sebagai solusi perundungan yanng memusatkan peran belajar sebagai agen perubahan untuk menyebarkan perilaku baik diantara teman sebaya.

Jadi, setelah pemaparan materi, siswa diminta untuk memilih 10 teman. Untuk apa ya teman-teman? Yaitu untuk kandidat agen perubahan. Tetapi nanti tidak semua yang terpilih. Sama seperti pemilu pada umumnya, yang banyak terpilih lah yang akan menjadi agen perubahan. Setiap angkatan akan diambil 10 agen perubahan suara terbanyak, jadi akan ada 30 agen perubahan dalam satu sekolah. Tiga puluh orang menyebarkan perilaku baik, bukankah sangat hebat?

Pentingnya agen perubahan dalam sekolah kita, saling menjaga dan mencegah adanya perundungan. Karena sejatinya, 
“Membangun mental tidak semudah merusaknya”. 

“Jadilah manusia hebat! Tanpa harus menjatuhkan orang lain”

"Bisa karena terbiasa tetapi tidak akan bisa jika kamu tidak mencoba”

Jagalah tali persaudaraan antar teman kita, karena teman kita lah yang akan kita kenang suatu saat nanti”

Terimakasih, jangan lupa bahagia hari ini! See you!<3


Penulis : Silvia Bianiah

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar