0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Berjuta Pembelajaran dari Empat Hari Perkemahan | Eka Nanda

sman1mesujitimur.sch.id - Salam Pramuka! Saat ini saya duduk di kelas XI. Saya diberikan kepercayaan untuk mengikuti acara perkemahan HARPRAM ke-61 di Desa Mekar Sari.

Saat itu, hari Selasa pukul 06.35 kami berangkat dari sekolah menuju ke perkemahan. Kami berangkat dengan mobil milik salah satu guru di sekolah kami. Kami berangkat dengan penuh gembira. 

Sesampainya kami semua di sana kami disambut dengan teman baru, kami pun mulai mendirikan tenda dengan penuh rasa gembira, setelah selesai mendirikan tenda kamipun bergegas pergi ke sebuah masjid yang terletak tak jauh dari bumi perkemahan.

Malam harinya hujan mulai turun dengan derasnya menguyur apa-apa yg ada di bawahnya tenda dan rerumputan untungnya tenda kami tidak tergenang oleh air hujan.

Di pagi harinya matahari bersinar terang kami pun memulai aktifitas seperti biasanya mandi, makan dan setelah itu kitapun di persilahkan memasuki sebuah ruangan untuk mendapatkan materi, materi yang kita dapatkan pertama kali yaitu, tentang narkoba dan materi setelahnya tentang PMI.

Hari selanjutnya hari yang kami tunggu-tunggu dimana pada hari Kamis kami kedatangan bapak Gubernur Lampung selaku ka Mabida yaitu Bapak Arinal Junaidi, orang nomor 1 di Lampung.

kedatangan beliau ke Mesuji ialah menghadiri acara Apel Besar tingkat Kwarda Lampung Harpram ke-61, yang diselenggarakan di Mesuji dan melaunching kartu tani sejahtera. Namun rasanya kedatangan beliau hanya sekejap saja.

Dan dihari selanjutnya yaitu hari Jum'at hari terakhir kita di perkemahan rasanya berat untuk meninggalkan tempat tersebut dan di hari itu pula kegiatan di akhiri dengan pawai, dan upacara penutupan perkemahan. 

Hal-hal yang saya pelajari di sana adalah pentingnya kebersamaan, tolong menolong, menghormati orang lain, pentingnya menghargai pendapat orang lain, berargumentasi, dan masih banyak lagi.

Ikut pramuka tidk ada ruginya. Banyak pengalaman dan pembelajaran yang di dapatkan. Semangat!

Penulis: Eka Nanda Pratama - XI MIPA
Related Posts

Related Posts

1 komentar