0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Bersama Agen Perubahan, Atasi Perundungan!

sman1mesujitimur.sch.id - Agen perubahan sudah terbentuk di SMAN 01 Mesuji Timur, dengan beranggotakan 30 orang.

Tepatnya setelah disosialisasikan program Roots, dilanjutkan dengan pemilihan anggota agen perubahan. Selanjutnya terpilih lah 30 orang agen perubahan yang siap atasi perundungan.

Dengan kesiapannya tersebut agen perubahan diberikan beberapa tugas. Tugas yang paling utama yaitu hadir dalam pertemuan-pertemuan Agen Perubahan.

Seperti pada Rabu, 19 Oktober 2022 Agen Perubahan melaksanakan pertemuan pertama. Di bina oleh Ibu Desti Arianti S.Pd dan Ibu Arika Pratita Widhiastuti S.Pd, sebagai fasilitator guru dalam program Roots SMAN 01 Mesuji Timur.

Dipertemuan perdana ini, kita dikumpulkan disebuah ruangan dan membahas agenda pada pertemuan tersebut. Dimulai dari perkenalan diri oleh seluruh Agen Perubahan. 

Perkenalannya pun dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menggunakan media benang wol. Pertama, benang wol akan diberikan kepada salah satu agen, kemudian setiap agen yang sudah memperkenalkan dirinya harus memegang benang wol dan jangan sampai dilepas. 

Kemudian benang wol yang masih tergulung dilempar ke salah satu agen lain dan bergantian agen tersebut yang memperkenalkan dirinya. Begitu seterusnya, apabila gulungan benang wol habis sementara masih ada yang belum memperkenalkan diri, akan tetap disambung dengan benang wol yang lain. Dengan harapan bisa mengamalkan lirik lagu daerah yaitu “Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia”.

Selesai dengan perkenalan dilanjutkan dengan pembagian struktur kelas. Terbentuk lah struktur kelas atas persetujuan bersama. Dimana:
Ketua: Micko Setyo Pambudi (XII IPA)
Wakil Ketua: Desy Sholeha (XII IPA)
Sekretaris: Silvia Bianiah (XI IPA)
Bendahara: Delia M.M. Az-Zahra (X IPA)
Perbedaan kelas baik kakak tingkat maupun adik tingkat di sama ratakan. Jadi, 30 Agen Perubahan menjadi satu kelas.

Agenda selanjutnya yaitu membuat “Kotak Perubahan”. Dengan barang-barang yang sudah disiapkan, kita membuat sebuah kotak Perubahan yang nanti nya akan berisikan pendapat-pendapat anggota Agen Perubahan. 

Pendapat yang juga merupakan PR, karena pendapat tersebut berisikan masalah apa yang ada di SMAN 01 Mesuji Timur mengenai perundungan.

Lalu, yang terakhir tantangan. Setiap agen diminta untuk membuat sebuah postingan tentang pertemuan hari itu. Diberikan pilihan aplikasi yaitu di WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Agen Perubahan SMAN 01 Mesuji Timur pun selesai melaksanakan pertemuan rutin nya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari pertemuan tersebut. Seperti misalnya kita bisa lebih akrab dengan kakak kelas tanpa harus mengingat kakak tingkat maupun adik tingkat dan bisa bekerjasama dalam menyelesaikan sesuatu sehingga tumbuhlah rasa kekeluargaan didalam kelas.

Harapannya dengan lancarnya pertemuan rutin Agen Perubahan dapat mencapai tujuan bersama. Sejatinya, menjadi contoh yang baik juga memerlukan niat terbaik.

 Bersama Agen Perubahan, Atasi Perundungan!

Penulis: Silvia Bianiah
Kelas: XI IPA 
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar