0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Budayakan Hidup Disiplin yuk! Gimana sih caranya?

sman1mesujitimur.sch.id - Disiplin menjadi kebutuhan bagi orang yang ingin sukses. Jika hidupmu saja tidak tertata rapi bagaimana kesuksesan akan menghampirimu?

Berikut adalah cara-cara efektif disiplin di sekolah ataupun dirumah.

1. Disiplin Waktu
 Mulailah dari disiplin yang paling penting yaitu disiplin waktu. Akan lebih baik lagi apabila kita mempunyai jadwal kegiatan, sehingga semua kegiatan kita tertata. Contoh disiplin waktu;
a) Bangun tidur tepat waktu.
b) Mandi dan sarapan tepat waktu.
c) Berangkat ke sekolah sebelum bel apel/upacara, bukan sebelum bel istirahat.

2. Disiplin Pakaian
Budayakan malu saat pakaian kita tidak rapi. Biasanya remaja sekarang akan merasa tidak percaya diri (PD) ketika berpakaian. Ketidakpercayaan pada diri nya itu bisa membuatnya ingin selalu tampil rapi. Kuncinya satu, jangan malas. Halangan dalam sikap disiplin yaitu sikap malas diri sendiri. Contoh Disiplin pakaian:
a) Pakaian bersih.
b) Pakaian rapi.
c) Pakaian wangi.

3. Disiplin Kelengkapan Atribut Sekolah
Atribut sekolah menjadi pelengkap sebagaimana seorang pelajar. Tidakkah merasa kurang jika kalian tidak memakai atribut lengkap? Contoh Disiplin atribut sekolah:
a) Memakai topi khas sekolah, bukan khas dirimu sendiri saat disekolah terutama saat upacara.
b) Memakai dasi, ikat pinggang, kaus kaki, sepatu sesuai dengan ketentuan sekolah.

4. Mengerjakan Tugas Sekolah atau Tugas PR
Contoh:
a) Mengerjakan semua tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan dikumpulkan tepat pada waktunya.

Bagaimana Ya Cara Agar Bisa Seperti Contoh-Contoh diatas?

 1). Disiplin waktu
Kita harus mempunyai target waktu. Misalnya, jam 06.00 saya harus bangun dari tempat tidur dan mulai bersiap mandi.

 Lalu bagaimana jika lewat jam nya tetapi belum bangun? Jawabannya satu, jangan tidur larut malam. Kita harus paham proporsi tubuh kita sendiri. Kira-kira ketika saya tidur jam sekian akan bangun jam berapa.

Begitupun yang lainnya, berangkat sekolah tepat waktu. Bisakah kalian memperkirakan antara jarak rumah dan sekolah kalian? Misalnya, jarak rumah dan sekolah yaitu 15 menit. Sementara bel berbunyi 07.15 WIB.

 Perkirakan lah kalian bisa berangkat dari rumah jam berapa hingga sampai sekolah sebelum 07.15.

 
2). Disiplin Pakaian
Cuci pakaian sesuai waktunya. Jangan malas mencuci pakaian, dari pakaian juga bisa menunjukkan rajin tidak nya seseorang tersebut.

Kerapian dalam berpakaian. Malu kah kalian jika pakaian kalian kusut? Seharusnya malu, akan tidak terlihat rapi ketika dilihat banyak orang. Bagaimana agar bisa rapi? Satu jawabannya, yaitu setrika. Menyetrika baju bukan perihal yang sulit. 

Wangi dalam berpakaian. Remaja sekarang umumnya ingin selalu tampil wangi. Memakai parfum terwangi, atau memakai pewangi baju yang paling wangi. Juga menjadi contoh pakaian wangi.


3). Disiplin Kelengkapan Atribut Sekolah
Bagaimana agar kita tampil lengkap? Atribut sekolah memang sering kali menjadi masalah, apalagi saat upacara. Banyak yang kurang lengkap.

Apa sebenarnya masalah kalian saat tidak memakai atribut lengkap, terutama saat upacara? Apakah Lupa? Caranya agar tidak lupa yaitu siapkan dari malam sebelum besok dipakai. 

Selanjutnya, apa karena hilang? Caranya, dirumah kalian terutama di kamar, persiapkan tempat untuk menyimpan atribut sekolah, setelah dipakai diletakkan kembali ditempat itu. Sehingga tidak hilang, kecuali karena dihilangkan.


4). Disiplin Mengerjakan Tugas Sekolah atau Tugas PR
Kerjakan tugas minimal semalam sebelum besok dikumpul. Maksimal nya kerjakan hari itu juga waktu malam. Bukan kah mengerjakan tugas itu bagian dari kewajiban pelajar? Mulailah dari sekarang.

Penulis: Silvia Bianiah
Kelas: XI IPA 
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar