0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur Goes to Perpustakaan Daerah Mesuji

sman1mesujitimur.sch.id - Kata siapa Pramuka hanya guling-gulingan di lumpur dan air? Bersama Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur kita diajak untuk mengeksplorasi sesuatu yang baru. 

Didalam ekstrakurikuler Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur juga, kita akan diberikan hal baru setiap latihan rutinnya. Baik itu hal baru dari pembina Pramuka, ataupun dari teman satu sangga juga luar sangga.

Seperti halnya yang dilakukan kali ini, latihan rutin ke-9 Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur yang bentuknya berupa kunjungan ke Perpustakaan Mesuji. Tepatnya pada Jumat, 15 Oktober 2022 Pramuka kami berkunjung.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh sekitar 1,5 jam dan dengan menggunakan sepeda motor, tidak melunturkan semangat anggota-anggota Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur. Sehingga yang mengikuti kunjungan tersebut ada sekitar ±50 orang.
 
Tidak sampai disitu, ada lagi yang membuat anggota Pramuka semakin bersemangat yaitu ketika kedatangan kami disambut dengan sangat baik. Bahkan kami disiapkan ruangan untuk berkumpul dan mendapatkan sosialisasi seputar Perpustakaan Mesuji.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi anggota Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur khususnya membaca dan menulis. 

Pak Gunarso selaku bapak Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji memmberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Beliau menjelaskan mengenai keseluruhan Perpustakaan Mesuji tersebut.

Perpustakaan Mesuji dibangun mulai Tahun 2021 dan selesai Tahuh 2022 awal. Bangunan yang memiliki dua lantai tersebut rupanya belum diresmikan dan akan diresmikan bulan depan. 

Berlatar belakang, tingkat literasi di Mesuji masih sedikit. Sementara di daerah Lampung pun baru 11% tingkat literasi lnya. Sehingga untuk meningkatkan sebuah minat baca itu sangat sulit dikarenakan adanya handphone yang disebutkan oleh Pak Gunarso sebagai “Setan Gepeng”. Sebutan yang unik memang, tetapi sangat berarti bagi remaja bahkan yang sudah dewasa di zaman sekarang.

Tersebab bangunan yang masih baru, didalamnya pun belum terlalu banyak buku-buku. Tetapi sudah cukup banyak dan bervariasi, dimulai dari buku-buku pelajaran, buku novel, buku tips-tips belajar, buku berisikan soal-soal ujian, dan masih banyak jenis buku lainnya.

Bukan hanya yang berbentuk cetak, Perpustakaan Mesuji pun membuka layanan Literasi Digital, dimana disediakan beberapa komputer dan kita bisa membaca melalui komputer tersebut. Bahkan tersedia juga aplikasi “Perpustakaan Mesuji” yang didalamnya ada ±1500 buku-buku dengan jenisnya masing-masing.

Wah modern sekali, bukan. Sama seperti di perpustakaan lain, Perpustakaan Mesuji pun membuka lebar pintu bagi yang ingin meminjam buku. Dengan syarat, mengisi data diri dan kartu pinjam, serta dikembalikan sesuai dengan waktunya. 

Program lain yang dimilikinya yaitu perpustakaan keliling, yang menggunakan alat transportasi mobil. Perpustakaan keliling tersebut merupakan salah satu program Perpustakaan Mesuji. Perpustakaan keliling juga menerima jadwal, kapan dan hari apa sekolah kamu menerima dikunjungi.

Terpapar jelas tentang Perpustakaan Mesuji, karena memang sang pemateri dibantu dengan staff lainnya yang membuat kami mengerti tentang keseluruhan Perpustakaan. Tak henti-hentinya Pak Gunarso memberikan kata-kata yang berisikan nasehat, pesan dan ilmu baru bagi kita semua.

“Sisipkan waktu kalian selama 24 jam untuk membaca. Membaca sedikit apabila yang kita baca tersebut dapat kita pahami akan lebih bermanfaat, daripada membaca berlembar-lembar tetapi tidak mengerti maksud didalamnya. Ketika setelah membaca coba kalian refleksikan, apa yang kalian dapat setelah membaca” ucap Pak Gunarso memberikan tips.

“Mau menjelajah dunia tanpa harus melakukan penjelajahan tidak? Jawabannya satu, membaca.” lanjutnya dengan senyum yang mengembang.

Nasehat dan tips yang luar biasa, sangat bermanfaat bagi kita semua. Tidak sia-sia kita berkunjung ke Perpustakaan Mesuji. Beliau berharap kita agar sering berkunjung ke Perpustakaan Mesuji. 
Selanjutnya, kami dipersilakan untuk melihat ruang berisikan buku-buku dengan jenis-jenis nya. Juga diajak melihat ruang Literasi Digital, serta diajak untuk berkunjung ke lantai dua dimana berisikan ruangan-ruangan pengelola Perpustakaan Mesuji.

Lalu kita pulang dengan perasaan puas, puas bisa mengunjungi Perpustakaan Mesuji, puas berbekalkan ilmu yang bermanfaat, puas diperbolehkan berkunjung dan meminjam buku kapanpun dan puas jalan-jalan bersama Pramuka SMAN 01 Mesuji Timur.

“Jika buku adalah sumber ilmu, perpustakaan apa? Gudang ilmu? Tapi menurutku perpustakaan adalah ruang hebat penuh ilmu”

Penulis: Silvia Bianiah
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar