0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Studi Wisata SMA Negeri 01 Mesuji Timur Tahun 2022


sman1mesujitimur.sch.id -  Kegiatan studi wisata telah di laksanakan pada tanggal 4 sampai 9 Oktober 2022. Kegiatan ini sangat dinantikan oleh seluruh siswa dan siswi SMA Negeri 01 Mesuji timur.

Selain belajar siswa dan siswi juga bisa liburan atau bahasa keren nya "healing" untuk melepas sejenak masalah dan stres yang mereka alami di sekolah atau di rumah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meneliti tempat bersejarah, pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh siswa dan siswi SMA Negeri 01 Mesuji Timur.

Jogja dan Bandung terpilih sebagai tujuan utama untuk penelitian studi wisata. Karena dua tempat tersebut banyak menyimpan pengetahuan, budaya, teknologi, dan tempat-tempat bersejarah yang wajib dikunjungi untuk seluruh peserta didik yang hendak melakukan studi wisata.

Berikut ini adalah tempat tempat yang di kunjungi siswa siswi SMA Negeri 1 Mesuji Timur :

1. HUTAN PINUS

Kunjungan pertama dari studi wisata yaitu hutan Pinus yang bertempat di Jl. Dlingo - Patuk , Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata yang di buka untuk umum dari 2014 ini sangat memanjakan mata dengan keindahan ratusan pohon pinus yang sangat rimbun dan udara yang begitu segar dan baik untuk paru paru.

Banyak tempat yang bagus untuk perfoto dan camping disini, jadi tempat ini selain sehat juga menjadi tempat yang baik untuk menenang kan pikiran.

2. UIN SUNAN KALI JAGA

Kunjungan ke dua yaitu UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Disini kita melihat dan memahami seputar kampus UIN sunan Kalijaga agar kedepannya ada pandangan atau keinginan untuk kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atau kampus lainnya.

Disini kita dijelaskan semua tentang kampus UIN sunan Kalijaga dengan detail dan teliti agar kita paham dan punya keinginan untuk melanjutkan kuliah.


3. MUSEUM DIRGANTARA

Kunjungan ke tiga yaitu Museum Dirgantara tempat nya TNI Angkatan Udara, Di sini banyak berisi benda-benda koleksi sejarah, dimana sebagian besar nya berupa pesawat terbang .

Selain pesawat kita juga mengetahui pahlawan revolusi yang menjadi TNI AU pada jaman penjajahan dulu .

4. PANTAI PARANGTRITIS

Kalau tempat ini jangan diragukan keindahannya, walaupun cuaca sedikit mendung namun tetap saja Parangtritis sangat indah dan cantik.

Disini kita bisa menyewa berbagai macam kendaraan seperti motor cross, mobil Jeep, dan motor roda 4 untuk kita berkeliling Parangtritis.

5. KERATON YOGYAKARTA
 
Tempat wisata ke lima yaitu keraton Yogyakarta. Tempat ini begitu sakral dan banyak sekali pantangan yang tidak boleh kita lakukan seperti memakai topi di area keraton dan masih banyak lagi.

Disana kita belajar sejarah tentang Hamengkubuwono serta mengenal lebih dalam lagi adat istiadat di sana, tak ketinggalan pula untuk menikmati acara yang di suguhkan untuk para wisatawan.

6. CANDI PRAMBANAN
 
Tidak hanya masyarakat lokal, disini juga banyak wisatawan asing yang ingin melihat keindahan candi Prambanan. Candi yang konon katanya hanya di bangun satu malam oleh Bandung Bondowoso untuk Roro Jonggrang.

Suara gamelan Jawa terus di putar di sekitar candi serta banyak nya pohon pohon besar yang rindang menambah kesan yang berbeda bagi setiap pengunjung yang berkunjung di Prambanan.

7. FLOATING MARKET

Floating market adalah tempat pertama yang kita kunjungi di Bandung. Di sini kita bebas bermain apapun yang kita inginkan.

Ada wahana bermain dan taman yang bebas kita main kan dan kunjungi satu persatu. Disini kita memang di bebakan untuk bersenang senang karna sebelumya kita menempuh perjalanan dari Jogja ke Bandung kurang lebih 7 jam perjalanan yang melelahkan. Dan kita di kasih bonus untuk bersenang senang disini.

Floating market sangat bagus untuk liburan bareng teman dan keluarga.

8. CIHAMPELAS

 
Ini adalah kunjungan atau tempat terakhir kita di Bandung. Karena ada beberapa tempat yang tidak bisa kita kunjungi sebab ada kendala yang tidak bisa di rubah.

Disini kita belanja oleh oleh untuk kita bawa pulang ke Lampung. "Untuk masalah fashion Bandung memang tempatnya"  ucap bapak kepala sekolah yang kebetulan ikut dalam program ini. Tak heran jika oleh-oleh yang dibawa kebanyakan baju dan fashion lainnya dari pada makanan.

Namun ada beberapa tempat di Bandung yang tidak bisa kita kunjungi seperti museum geologi dan Tangkuban perahu.

Museum geologi tidak jadi kita kunjungi di karenakan tutup, tentu saja ini cukup mengecewakan bagi siswa-siswi karna sejatinya Meraka Ingin mengetahui apa yang ada di dalam museum geologi.

Tangkuban perahu juga tidak jadi kita kunjungi karna disana terdapat acara yang pengunjung umum belum di perboleh kan untuk berkunjungi.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi sebagian siswa siswi SMA Negeri 01 Mesuji timur melihat dunia luar, masing masing siswa memiliki keseruan sendiri.

"Pokoknya betah kalo di suruh lama lama disini, beda banget coyy ga kaya di desa tempat kita tinggal, rame banget dan banyak tempat tempat aestetic buat foto-foto, pokok nya study wisata ini mau aku nikmati senikmat mungkin,bisa aja ini jadi pengalaman pertama dan terakhir buat aku".  Ucap Andika Dio Saputra, salah satu siswa SMA Negeri 01 Mesuji Timur.

Sungguh perlajanan yang luar biasa bagi siswa siswi SMA Negeri 01 Mesuji timur.

Penulis: Miko Setyo Pambudi - XII MIPA


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar