0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMAN 01 Mesuji Timur

sman1mesujitimur.sch.id - Kelahiran Nabi Muhammad SAW, menjadi momentum penting bagi umat muslim. Nabi Muhammad yang merupakan utusan Allah SWT sebagai Rasulullah juga menjadi tauladan bagi umat-Nya.

Pada Kamis 20 Oktober 2022, SMAN 01 Mesuji Timur memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMAN 01 Mesuji Timur, tepatnya di Aula sekolah. Diikuti oleh seluruh keluarga besar SMAN 01 Mesuji Timur, dengan berpakaian Muslim dan Muslimah.

Berikut susunan acara Maulid Nabi Muhammad SAW:
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Quran
3. Pembacaan Sholawat Nabi
4. Sambutan Kepala Sekolah dan Ketua Panitia.
5. Acara inti.
6. Doa
7. Penutup

Acara ini diadakan oleh ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) didukung oleh OSIS. Dengan tema acara yaitu, “Keteladan Nabi Muhammad SAW Sebagai Landasan Meraih Prestasi”.

Ekstrakurikuler ROHIS mengundang penceramah yaitu Ust. Bambang Irawan. Ilmu yang dibagikan beliau sangat mudah dicerna bagi kami para pelajar dan mudah di mengerti. Bahkan beliau menjelaskan sangat runtut dari awal mula Nabi Muhammad SAW ada didalam kandungan Aminah (Ibunda Rasul), sampai wafat.

Setiap kisah sang Rasul selalu ada manfaatnya, selalu ada ilmu yang dapat diambil, sangat patut dijadikan suri tauladan bagi umat Islam. 

Kita sebagai umat Islam, sudah seharusnya melaksanakan kewajiban sebagaimana yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad, yang telah dicontohkan oleh Rasulullah, yang telah di jalankan pula oleh Nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, akhlak Nabi Muhammad juga sangat dapat dijadikan contoh. Sifat-sifat yang ada pada beliau, menggambarkan alangkah indahnya akhlak Rasulullah.

Ketika mendengar seseorang menyebutkan nama Nabi Muhammad, hendaknya kalian membaca SAW. Dalam ceramahnya Ustadz Bambang menyampaikan:

“Barang siapa yang mendengar nama Nabi Muhammad tetapi tidak mengucapkan sholawat atau SAW, maka ia termasuk golongan orang yang Bakhil atau pelit. Banyak-banyak lah bersholawat, sholawat tidak semata-mata bersholawat tetapi sekali kita bersholawat Allah SWT akan membalas 10 kali sholawat kita”. 

Masya Allah, sejatinya mencari pahala di dunia itu mudah. Kembali kepada bagaimana kita melawan sifat-sifat tidak terpuji yang menghampiri. 

Acara berlangsung hingga selesai, diakhir dengan post test yang harus dijawab oleh seluruh siswa-siswi SMAN 01 Mesuji Timur. Mengerjakan nya melalui metode online. Kemudian nilai dengan 3 terbesar akan mendapatkan door prize.

Acara selesai, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Sebagai kenangan di hari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Penulis: Silvia Bianiah  - XI IPA 
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar