0rq1wUCXofwDDKcc12MmRQUWFOZdiOoWTQwUhac9

Perlombaan Hari Sumpah Pemuda di SMAN 01 Mesuji Timur

sman1mesujitimur.sch.id - Peringatan Hari Sumpah Pemuda sangat ramai di SMAN 01 Mesuji Timur. Karena diadakannya perlombaan setelah upacara selesai.

Perlombaan ini bukan untuk saling meng-unggulkan suatu budaya maupun adat istiadat. Tetapi perlombaan ini bertujuan untuk mengenal, mengenal budaya-budaya yang belum kita ketahui sebelumnya, mengenal adat istiadat di Indonesia selain suku sendiri, dan mengenalkan bahwa Indonesia kaya akan suku dan budaya.

Pada Senin, 31 Oktober 2022 tepatnya perlombaan dilaksanakan. Lomba yang diadakan yaitu:
• Lomba Fashion Show Menggunakan Baju Adat sekaligus Pengucapan Sumpah Pemuda, dan
• Lomba Jajanan Nusantara Berbahan Dasar Singkong.

Dilaksanakan oleh setiap perwakilan kelas dan dilihat oleh seluruh siswa-siswi SMAN 01 Mesuji Timur, juga bapak/ibu guru, serta kepala sekolah.

Lomba yang pertama dilaksanakan yaitu, lomba Fashion Show. Dengan nama lengkapnya Lomba Fashion Show Menggunakan Baju Adat sekaligus Pengucapan Sumpah Pemuda. Sekilas terbayang bagaimana teknis perlombaan ini. 

Sesuai dengan namanya Fashion Show, dilaksanakan oleh satu pasangan putra-putri perwakilan kelas dan menggunakan baju adat dilanjutkan dengan mengucapkan sumpah pemuda sebagaimana putra dan putri Indonesia. Kemudian para juri akan menilai, dari saat masuk hingga keluar.

Lomba yang kedua yaitu, Jajanan Nusantara Berbahan Dasar Singkong. Teknis dari perlombaan ini yaitu Jajanan dibawa ke sekolah bentuk matang, setelah itu dihias dan dihidangkan disekolah. Kemudian para juri akan berkeliling, masing-masing perwakilan kelas diminta untuk mempresentasikan jajanan yang dibuat. 

Dengan adanya perlombaan ini diharapkan dapat sesuai dengan tujuan diadakannya, yaitu mengenal. Bukan untuk saling bersaing menjadi yang paling unggul. 

Acara perlombaan selesai, masing-masing siswa-siswi SMAN 01 Mesuji Timur dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing. Pengumuman pemenang diumumkan di hari Selasa, ketika apel pagi.

Dengan hasil diskusi dan perhitungan juri, ditemukanlah para pemenang lomba-lomba hari sumpah pemuda.

Lomba Fashion Show Menggunakan Baju Adat sekaligus Pengucapan Sumpah Pemuda:
Juara 1: XI IPA (Adat Lampung)
Juara 2: XII IPA (Adat Jawa)
Juara 3: XI IPS (Adat Jawa-Betawi)

Lomba Jajanan Nusantara Berbahan Dasar Singkong:
Juara 1: X IPS (Getuk Roll)
Juara 2: XII IPA (Banyak macam)
Juara 3: X IPA (Getuk)

Selamat kepada para pemenang! 
Terlihat berbeda-beda namun kita disatukan didalam SMAN 01 Mesuji Timur. Begitu pula dengan banyaknya adat istiadat, budaya, agama, suku, ras yang ada di Indonesia. Kemudian disatukan didalam satu wadah yaitu Negara Indonesia.

Penulis: Silvia Bianiah
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar